Potensi Wisata Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan merupakan destinasi wisata bahari yang terletak di Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini dekat dengan Pulau Kelapa dan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten DKI Jakarta.

Untuk menuju lokasi ini, ada tiga pilihan lokasi keberangkatan dengan moda transportasi kapal yang bisa Anda pilih. Keberangkatan kapal di setiap lokasi biasanya dimulai pada pukul 07.00 – 08.00 WIB.

Tiga pilihan lokasi keberangkatan kapal adalah melalui Dermaga Marina Ancol, Dermaga Muara Angke dan Pelabuhan Kali Adem. Disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri agar tidak merasa lapar dan haus selama penerbangan. Disarankan juga untuk membawa sejumlah kantong kresek hitam untuk mengantisipasi mabuk laut.

Selama perjalanan ke pulau ini, Anda akan melewati pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni. Saat Anda tiba di pulau, Anda akan disambut oleh dermaga setinggi 30 meter yang bertuliskan “halo”. Dermaga ini dikelilingi oleh banyak perahu motor dan penjual makanan. Anda bisa berhenti sejenak untuk berfoto atau membeli makanan.

Tiga lokasi keberangkatan kapal ke pulau ini menetapkan harga tiket yang berbeda. Jika Anda memilih lokasi keberangkatan kapal melalui Dermaga Marina Ancol, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 200.000 – Rp 250.000 per orang.

Harga tiket kapal dari situs ini termasuk yang paling mahal karena menggunakan speedboat, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Kemudian, jika Anda memilih melalui Dermaga Muara Angke, Anda akan diharuskan membayar tiket sebesar Rp 60.000 – Rp 80.000 per orang. Apalagi Pelabuhan Kali Adem mematok harga tiket Rp100.000 per orang.

Sarana transportasi yang digunakan Dermaga Muara Angke dan Pelabuhan Kali Adem adalah kapal tradisional dan feri dengan waktu tempuh sekitar 3,5 – 4 jam. Anda bisa memilih salah satu lokasi keberangkatan kapal untuk menuju pulau tersebut dengan melihat budget yang Anda bawa.

Banyak wisatawan yang memilih lokasi keberangkatan melalui Dermaga Muara Angki karena harga tiketnya yang dinilai lebih ekonomis dibandingkan dua lokasi keberangkatan lainnya. Pulau Harapan Jakarta buka selama 24 jam dan tidak ada tiket masuk.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau pasangan selama lebih dari satu hari di pulau ini, sebaiknya Anda menganggarkan lebih untuk biaya akomodasi di sekitar pulau. Anda perlu menganggarkan mulai dari Rp 400.000 per malam untuk biaya akomodasi, termasuk fasilitas AC. Lebih hemat lagi jika menggunakan paket dari penyedia tur.

1. Snorkeling dan menyelam

Wisata bawah laut pulau ini memiliki daya tarik tersendiri karena begitu menakjubkan. Aktivitas seru ini cocok bagi Anda yang menyukai snorkeling atau diving. Berbagai biota laut bisa Anda temukan di sini.

Salah satunya adalah terumbu karang yang masih alami karena terjaga dan terpelihara dengan baik. Tidak perlu khawatir karena ada paket wisata bawah laut yang bisa Anda pesan.

2. Berburu foto di area pulau

Di pulau ini, Anda dapat menemukan banyak situs pengambilan foto Instagram. Pastikan untuk tidak lupa membawa kamera dengan baterai penuh agar kenangan indah dapat terekam dengan sempurna selama Anda berada di pulau ini. Lokasi syuting di darat dan di bawah laut benar-benar menakjubkan. Anda harus pandai-pandai menangkap angle dan background foto yang tepat agar hasil foto bisa diperbesar.

3. Coba Lompat Pulau

Istilah Hopping Island atau Island Jumping berarti mengunjungi pulau satu ke pulau lain menggunakan perahu tradisional bersama rombongan. Kegiatan ini akan mengajak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Harapan.

Pulau-pulau kecil tersebut antara lain Dolphin Island, Beira Island, Silver Island, Round Island, dll. Sangat menyenangkan untuk dinikmati

4. Kunjungi Taman Biota Laut

Wilayah Kepulauan Seribu dikenal sebagai Distrik Taman Nasional. Di kawasan ini banyak terdapat kawasan yang digunakan untuk mengawetkan hewan laut.

Taman Biota Laut merupakan tempat penangkaran penyu untuk spesies langka seperti penyu sisik dan penyu hijau di pulau ini. Anda bisa belajar tentang penangkaran penyu, pemeliharaan penyu, dan pelepasan penyu dewasa ke laut.

5. Memancing matahari terbit dan terbenam

Menikmati matahari terbit dan terbenam adalah hal biasa di ibu kota. Namun, memancing matahari terbit dan terbenam di pulau eksotis ini mungkin akan menjadi sesuatu yang tidak biasa dalam sejarah hidup Anda. Anda bisa leluasa mengabadikan momen “tangkap” ini tanpa ada penghalang di dalam gedung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *