Kenapa Saya Tidak Bisa Mendownload Beberapa Aplikasi PlayStore?

Tidak bisa mengunduh dan memasang beberapa aplikasi di Google Play? Ini membuat frustrasi, terutama ketika aplikasi lain tersedia dan diunduh dengan baik.

Baik Anda bahkan tidak dapat melihat aplikasi di Play Store, menemukannya tetapi tidak dapat mengunduhnya, atau aplikasi tidak dapat dipasang, kami siap membantu. Mari kita lihat mengapa Anda tidak dapat mengunduh aplikasi tertentu dari Play Store dan cara memperbaiki masalahnya.

1. Perangkatmu Tidak Kompatibel

Penjelasan paling umum mengapa Anda tidak dapat mengunduh aplikasi tertentu dari Google Play adalah karena pengembang aplikasi telah menandainya sebagai “tidak kompatibel” dengan perangkat Anda. Anda akan melihat pesan yang menyatakan “aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Anda” atau “aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Anda” dalam kasus ini.

Ini dapat muncul jika, misalnya, aplikasi dirancang untuk tablet dan Anda hanya memiliki ponsel Android. Perlu diingat bahwa tangkapan layar Play Store di atas menunjukkan versi web. Di sana, Anda dapat mencari dan melihat semua aplikasi, meskipun tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Saat Anda mencari menggunakan Play Store di perangkat Anda, Anda tidak akan melihat aplikasi apa pun yang diklasifikasikan sebagai tidak kompatibel dengan ponsel Anda.

Namun, ini tidak selalu menunjukkan bahwa aplikasi tidak memiliki peluang untuk bekerja di perangkat Anda. Pengembang dapat memilih untuk menandai aplikasi sebagai tidak kompatibel karena gangguan atau bug yang tidak dapat diperbaiki dengan model khusus Anda. Atau, Anda mungkin memiliki perangkat yang di-rooting yang tidak kompatibel dengan aplikasi tertentu.

2. Pembatasan Wilayah

Penjelasan umum lainnya yang bisa kami temukan dari beberapa situs teknologi adalah “saat Anda tidak dapat menemukan aplikasi di Google Play; bisa saja aplikasi tersebut tidak berfungsi di negara atau wilayah Anda.” Ini mungkin karena pembatasan pemerintah, tetapi lebih sering, ini adalah keputusan pengembang untuk menyaring orang-orang yang tidak dapat menggunakan aplikasi.

Misalnya, tidak ada gunanya memasang aplikasi untuk bank khusus Amerika jika Anda tinggal di Indonesia. Bahkan jika Anda memaksa aplikasi untuk menginstal dengan mengesampingkannya di ponsel Anda, Anda tetap tidak akan dapat membuat akun atau menggunakan layanan bank.

Dalam kasus lain, aplikasi hanya dapat melayani lokasi tertentu pada tahap awal, sehingga pemilik memutuskan untuk membatasi siapa yang dapat mengunduhnya. Ini mencegah ulasan negatif dari pengguna yang bingung dan memastikan pengujian dijalankan dengan orang yang tepat. Jika Anda tidak yakin mengapa aplikasi dibatasi wilayah, sebaiknya hubungi pengembang untuk bertanya.

Perlu diingat bahwa jika Anda baru saja pindah ke negara baru, Anda mungkin perlu memperbarui setelan wilayah di Google Play Store untuk mengakses aplikasi yang kompatibel di area tersebut.

3. Tidak Memenuhi Spesifikasi

Aplikasi mungkin memerlukan fitur perangkat keras terbaru. Giroskop, akselerometer, sensor sekitar, sensor jarak, dan fungsi lainnya memungkinkan perangkat Anda mengambil data dari  sekitarnya.

Beberapa aplikasi memerlukan alat ini. Jika ponsel Anda sudah terlalu tua dan tidak memiliki komponen yang diperlukan aplikasi, Anda tidak dapat menginstalnya dari Play Store.

Sebuah aplikasi mungkin saja memerlukan perangkat keras yang lebih besar daripada yang dimiliki ponsel Anda. Aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya mungkin memerlukan sejumlah RAM, misalnya.

Ini adalah masalah besar ketika Pokemon Go diluncurkan—banyak orang yang ditinggalkan saat game tidak berjalan di ponsel mereka, karena perangkat keras mereka tidak memenuhi persyaratan teknologi hardware yang diminta.

Satu-satunya solusi nyata di sini adalah meningkatkan ke perangkat yang lebih baru. Ini membuat frustrasi, tetapi mungkin sudah waktunya jika Anda mengalami masalah ini.

4. Anda Menjalankan Versi Android yang Kedaluwarsa

Selain persyaratan perangkat keras yang dibahas di atas, banyak aplikasi juga memiliki persyaratan perangkat lunak dalam bentuk versi Android ponsel Anda. Untuk memeriksanya, kunjungi halaman aplikasi di antarmuka web Google Play. Gulir ke bawah, dan Anda akan menemukan bidang Memerlukan Android di bagian Informasi Tambahan.

Setiap versi utama Android yang baru hadir dengan beberapa fitur dan peningkatan baru yang dapat digunakan aplikasi. Jika sebuah aplikasi bergantung pada salah satu fitur yang tidak Anda miliki, itu mungkin tidak berfungsi sama sekali. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menginstal aplikasi Play Store karena tidak ada gunanya melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *