Cara Memilih Layanan Web Hosting Yang Sesuai Untuk Rencana Website Anda

Penyedia hosting web Anda akan memberi Anda opsi berbeda saat Anda mengunjunginya untuk hosting web. Anda harus bisa memilih berdasarkan kebutuhan anda.

Server shared atau dedicated? Hosting terkelola atau pribadi? SSL Tunggal atau Wildcard? Linux atau Windows? Istilah teknis yang berbeda ini mungkin membingungkan Anda, sehingga sulit untuk mengidentifikasi paket mana yang paling cocok untuk situs web Anda.

Tapi jangan khawatir, karena, di bagian ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat keputusan penting yang berbeda saat memilih paket hosting web.

Keputusan No. 1: Jenis Hosting Apa yang Anda Butuhkan?

Seperti yang kami jelaskan di atas, penyedia hosting web Anda akan memberi Anda server tempat situs web Anda akan online. Tetapi Anda harus memilih jenis server yang Anda inginkan untuk situs web Anda: Server bersama atau server pribadi virtual (VPS)?

Inilah perbedaan antara keduanya:

Hosting Bersama

Dalam lingkungan shared hosting, situs web Anda ‘hidup’ dengan situs web lain di server yang sama. Di sini, sumber daya server seperti RAM, ruang disk, prosesor dibagikan oleh situs web yang tinggal di server itu.

Hosting situs web Anda di server bersama adalah opsi yang paling terjangkau. Ini adalah pilihan yang bagus jika situs web Anda baru saja dimulai, dan Anda tidak memiliki banyak pengunjung. Itu karena Anda tidak memerlukan banyak ruang disk atau bandwidth yang dibutuhkan situs dengan lalu lintas tinggi.

Ada banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan ini sebagai paket unlimited hosting murah. Paket unlimited hosting murah ini artinya pengelola tidak menentukan batasan tertentu. Anda bisa mendapatkan kecepatan yang lumayan sampai batasan trafik tertentu. Jadi tetap ada pembatasnya, yaitu kapasitas memory yang disediakan oleh pengelola web hosting.

Jika Anda mencari keamanan ekstra, hosting Linux kami mungkin yang Anda butuhkan. Hosting Linux umumnya dianggap sebagai opsi paling aman, sejauh sistem operasi berjalan.
Jika situs web Anda mendapatkan banyak lalu lintas (atau lonjakan reguler), Anda tidak boleh memilih jenis hosting ini. Itu karena, karena situs web Anda berada di server bersama, jumlah lalu lintas yang tinggi mungkin tidak didukung karena sumber daya yang terbatas.

Hosting VPS

Dalam lingkungan hosting VPS, situs web Anda ‘tinggal’ di server yang sama dengan situs web lain, tetapi dalam lingkungan yang terisolasi. Anda mendapatkan kekuatan pemrosesan khusus, RAM, dan ruang disk yang tidak dapat digunakan oleh situs web lain di server tersebut.

Jenis hosting ini lebih mahal. Tetapi Anda mendapatkan lebih banyak kekuatan, yang berarti situs web Anda dapat menangani lebih banyak lalu lintas secara signifikan dan memproses lebih banyak permintaan pengguna. Jika Anda memiliki bisnis yang mapan dan mengantisipasi banyak lalu lintas, dapatkan VPS untuk hosting situs web Anda.

Jika situs web Anda sebagian besar merupakan situs informasi atau tidak akan mendapatkan banyak pengunjung, jenis hosting ini tidak disarankan. Itu karena jika Anda mendapatkan lalu lintas rendah, sumber daya Anda akan sia-sia.

Dengan mengingat poin-poin ini, terserah Anda memilih jenis hosting yang Anda butuhkan. Jika situs web Anda mendapat beberapa ribu pengunjung, Anda mungkin akan berhasil dengan hosting bersama. Tetapi jika situs web Anda mendapatkan ratusan ribu atau jutaan pengunjung, hosting VPS adalah cara yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *